Hari Gunung Internasional ditetapkan pada tanggal 11 Desember tahun 2002 oleh PBB. Tujuan dari diadakannya Hari Gunung Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap segala isu yang berpotensi membahayakan eksistensi gunung. Selain itu, Hari Gunung Internasional bertujuan untuk menciptakan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya pegunungan bagi kehidupan.

Perhiasan alami yang harus kita hargai, Pegunungan adalah rumah bagi 15% dari populasi dunia dan seperempat dari hewan dan tumbuhan darat di dunia. Mereka menyediakan air tawar untuk kehidupan sehari-hari bagi separuh umat manusia. Konservasi mereka adalah faktor kunci untuk pembangunan berkelanjutan dan merupakan bagian dari Tujuan Life in land yaitu Mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, menghentikan dan membalikkan degradasi lahan, menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

Sayangnya, gunung berada di bawah ancaman perubahan iklim dan eksploitasi berlebihan. Ketika iklim global terus memanas, orang-orang gunung - beberapa dari yang termiskin di dunia - menghadapi perjuangan yang lebih besar untuk bertahan hidup. Meningkatnya suhu juga berarti bahwa gletser gunung mencair pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, mempengaruhi pasokan air tawar di hilir bagi jutaan orang.

Masalah ini mempengaruhi kita semua. Kita harus mengurangi jejak karbon kita dan merawat kekayaan alam ini.

Hari Gunung Internasional adalah kesempatan untuk menyoroti bahwa bagi kaum muda pedesaan, hidup di pegunungan bisa sulit. Migrasi dari pegunungan menyebabkan pertanian yang terbengkalai, degradasi lahan dan hilangnya tradisi budaya kuno.

Pendidikan dan pelatihan, akses pasar, beragam kesempatan kerja dan layanan publik yang baik dapat memastikan masa depan yang lebih cerah bagi kaum muda di pegunungan.

Tahun ini, kaum muda akan memimpin dan menuntut agar gunung dan masyarakat pegunungan menjadi pusat dalam agenda pembangunan nasional dan internasional; menerima lebih banyak perhatian, investasi, dan penelitian khusus.


Sumber : 
https://www.un.org/en/observances/mountain-day