Navigasi bisa diartikan sebagai panduan arah. Ilmu yang sangat penting dan wajib dikuasai, minimal dimengerti bila kamu suka berpetualang. Ilmu navigasi menjadi sangat penting dalam kegiatan eksplorasi alam terbuka karena arah menjadi hal yang sangat krusial saat melakukan penjelajahan. Dengan mengetahui ilmu navigasi, kita juga dapat meminimalisir kejadian 'tersesat'.

Navigasi darat itu merupakan ilmu praktis. Tidak bisa langsung kita kuasai dalam sehari dua hari mempelajarinya. Untuk dapat menguasainya, kita harus terus berlatih dan mempraktikkannya. Pemahaman teori dan konsep hanyalah faktor pembantu, tidak menjamin jika mengetahui teorinya secara lengkap, maka kemampuan navigasinya menjadi tinggi.

Bahkan seorang jago navigasi yang tidak pernah berlatih dalam jangka waktu lama dapat mengurangi kepekaannya dalam menerjemahkan tanda-tanda di peta ke medan sebenarnya, atau menerjemahkan tanda-tanda medan ke dalam peta. Untuk itu, ilmu ini harus terus diasah supaya tidak tumpul.

Pada prinsipnya navigasi adalah cara menentukan arah dan posisi, yaitu arah yang akan dituju sehingga posisi kita sebagai navigator berada pada titik yang sama seperti yang ada di peta.