Sebagai seorang Pendaki Gunung tentunya harus tau apa itu Hipotermia dan pelajari gimana cara mencegahnya,


Berikut #TipsAlaAnakBebek berikut ini Mencegah Hipotermia :

  1. Bawalah Perlengkapan sesuai safety procedure, terutama pakaian seperti jaket polar, windbreaker, jacket waterproof, raincoat, kaos & celana ganti kering yg quick dry, kupluk, sepatu, kaos kaki, sarung tangan dll
  2. Saat dingin,tutupi bagian tubuh yg mudah menyerap dingin seperti telinga, jari tangan dan kaki, dan pusar (yaaa kaallee naik gunung pake baju yg nongolin puser, udah kaya mau ke emoll 🙈) .
  3. Segera ganti baju yg basah karna berkeringat atau karna kena Hujan, jagan ditunda!
  4. Jika mulai hujan/gerimis, segera pakai raincoat/jacket waterproof. Gak usah gegayaan mau main ujan lari-lari di pohon, inget ini bukan film india 😝
  5. Hindari main air di gunung apalagi berendam di air dingin.
  6. JANGAN PAKAI CELANA JEANS! Bahan jeans itu kalo basah susah kering, apalagi kena hujan dan keringat. Basah yang ada di jeans akan mudah diserap tubuh, dan bikin tubuh cepat dingin.
  7. Saat tidur, kenakanlah pakaian yg hangat, polar/thermal,selimut blanket, pakai sleeping bag dan alas dengan matras. Buat panas tubuh tetap ada. Ga usah pake Lingerie atau Kimono. Ini bukan hotel.. 😌
  8. Saat break dijalan, usahakan jangan tidur, karena saat tidur suhu tubuh bisa turun dengan cepat, minumlah air hangat dan bergerak-gerak sedikit.
  9. Minum minuman yang hangat, yang manis juga boleh dan makan! Tubuh butuh asupan kalori, makan makanan yang berkalori agar makanan bisa dibakar tubuh lg dan menjadikan energy baru yg bisa menghasilkan panas tubuh.
  10. Gak usah sok ikut-ikuan temen buka baju saat tubuh sedang drop dan dingin, apalagi kalo gak kuat angin, gak nambah kegantengan juga kok, hanya demi foto bisa mengundang penyakit apalagi kalo ujung-ujung nya minta dikerokin juga 🙈✌ .
  11. Yg penting, patuhi aturan alam dan aturan keselamatan dalam Mendaki Gunung.


Selanjutnya gue akan posting cara mengatasi Hipotermia, check di postingan selanjutnya yah



Source : @anak_bebek #TipsAlaAnakBebek